Kamis, 05 Januari 2012

REFLEKSI DIRI KELOMPOK 9 DAN KELOMPOK 10


KELOMPOK 9
JUDUL : EKOSISTEM

Ekosistem, yaitu tatanan kesatuan secara kompleks di dalamnya terdapat habitat, tumbuhan, dan binatang yang dipertimbangkan sebagai unit kesatuan secara utuh, sehingga semuanya akan menjadi bagian mata rantai.

SISTEM TERBUKA DAN TERTUTUP
*      Sistem tertutup yaitu sistem dengan batas yang memungkinkan untuk terjadinya pertukaran energi, tetapi tidak memungkinkan pertukaran materi antara sistem dengan lingkungannya.
*      Sistem terbuka yaitu sistem dengan batas yang memungkinkan terjadinya pertukaran energi dan materi melintasi batas.
Keseimbangan : keadaan tidak berubah yang dipertahankan terus menerus oleh Individu atau ekosistem. Ekosistem merupakan energy yang terbuka yang di dalamnya terdapat system matahari sebagai perbatasan system.

Struktur dan fungsi ekosistem terdiri atas : komponen biotic, komponen abiotik, pengurai, konsumen dan produsen. Piramida ekologi yaitu suatu diagram piramida yang dapat menggambarkan hubungan antara tingkat trofik satu dengan tingkat trofik lain, secara kuantitatif pada suatu ekosistem

Aliran energy : Energi memasuki sebagian besar ekosistem dalam bentuk cahaya matahari, energi cahaya matahari ini diubah menjadi energi kimia oleh organisme autotrof, yang kemudian diteruskan keorganisme heterotrof dalam bentuk senyawa-senyawa organik dalam makanannya dan dibuang dalam bentuk panas.

Macam – macam piramida :
*      Piramida energy
*      Piramida biomasa
*      Piramida jumlah
Siklus Biogeokimia : siklus unsur atau senyawa kimia yang mengalir dari komponen abiotik ke biotik dan kembali lagi ke komponen abiotik.
Macam-macam siklus :
*      Siklus Air
*      Siklus Nitrogen
*      Siklus Fosfor
*      Siklus Karbon dan Oksigen
KELOMPOK 10
JUDUL : EKOSISTEM DARAT

Ekosistem adalah komunitas organik yang terdiri atas tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme bersama lingkungan fisik dan kimia tempat hidup atau habitatnya.

Hutan hujan Tropis : salah satu tipe vegetasi hutan tertua yang telah menutupi banyak lahan. Ekosistem hutan hujan tropis terbentuk oleh vegetasi klimaks pada daerah dengan curah hujan 2.000 -11.000 mm per tahun, rata-rata temperatur 25°C dengan perbedaan temperatur yang kecil sepanjang tahun, dan rata-rata kelembapan udara 80 %.

Tipe hujan tropis menurut ketinggian tempat :
*      1. Zona 1 dinamakan hutan hujan bawah karena terletak pada daerah dengan ketinggian tempat 0 - 1.000 m dari permukaan laut.
*      2. Zona 2 dinamakan hutan hujan tengah karena terletak pada daerah dengan ketinggian tempat 1.000 - 3.300 m dari permukaan laut.
*      3. Zona 3 dinamakan hutan hujan atas karena terletak pada daerah dengan ketinggian tempat 3.300 - 4.100 m dari permukaan laut.

Hutan Konifer Utara : Hutan konifer termasuk daerah-daerah penghasil kayu terbesar di dunia.
Hutan Boreal : Dikenal juga sebagai hutan konifer belahan bumi utara atau ”taiga”, menempati zona mulai dari perbatasan dengan tundra sampai sekitar 800 km ke sebelah selatan.
Hutan Luruh Temperata :  Hutan ini meliputi daerah beriklim temperata dengan garis lintang menengah.
Hutan Taiga : Terdapat di belahan bumi sebelah utara dan di pegunungan daerah tropik, ciri-cirinya adalah suhu di musim dingin rendah.

Padang Rumput : Menguasai daerah yang luas di dunia ini baik di tropika maupun temperata.
Tundra : Daerah terbuka tidak berhutan yang kemudian dipakai untuk menggambarkan semua bentuk vegetasi yang tidak ada pohonnya pada garis lintang yang tinggi. Tundra paling luas menguasai daerah belahan bumi utara, sebagai akibat tidak adanya lahan sekitar belahan bumi selatan.
Padang pasir : Merupakan hasil dari kekurangan satu atau lebih faktor-faktor penting yang diperlukan untuk hidup. Padang pasir yang luas adalah padang pasir panas dan sejuk di zona arid/kering dan padang pasir dingin atau tundra di daerah dengan garis lintang tinggi di belahan bumi utara.
Hutan Savanna : adalah padang rumput dengan diselingi oleh gerombolan pepohonan.
Hutan Kayu Elfin : Di altitudes tinggi - sekitar 500 m di atas (di atas permukaan laut) di Pulau Utara dan 300m di selatan Pulau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar